Là gì? nghĩa của từ melon trong tiếng việt

Karanganyar, phukienotocaocap.com- Panen buah Melon di desa Jati, Jaten, Karanganyar mengobati kecewa Riman. Petani berusia 51 tahun ini sukses menanam dan mengelola tanaman melon sehingga menghasilkan panen yang menguntungkan. Kini padi bukan lagi prioritas untuk ditaphái nam di lahannya. Komoditas buah-buahan terlihat lebih menjanjikan.

Bạn đang xem: Là gì? nghĩa của từ melon trong tiếng việt

"Bisa dibilang, dua tahun ini pagebluk karena serangan tikus. Banyak yang rugi karemãng cầu hasil panen padi rusak dan tidak bisa diselamatkan. Saya memutuskan menanam giới melon. Kebetulan adomain authority ajakan dari mitra perusahaan dari Jakarta. Mereka memberi modal bibit dan obat hama. Nanti panennya diangkut dengan harga pantas,"kata Riman kepadomain authority phukienotocaocap.com di ladangnya.

Jenis melon yang ditanamnya adalah varietas gordes, sakata dan lioni. Awal taphái mạnh sampai panen membutuhkan waktu 65 hari. Dari tiga varietas itu, lioni yang paling cocok ditanam giới di ladangnya. Varietas Bordes ternyata juga kurang cocok. Buah yang masak, kebanyakan pecah. Pria yang menjabat perangkat Desa Jati itu bercocok taphái nam di tanah kas desa berukuran 2.500 meter persegi.


Dibutuhkan perawatanyang tidak sederhamãng cầu selama masa tumbuh kembang tanaman. Diawali selekmê say per batang, kemudian dilanjutkan pengawasan rutin untuk mencegah penyakit tanaman menyebar serta memasang trọng penembak jitu untuk menghalau hewan pengerat.

Usahanya selamvào hùa bulan bercocok tanam tidak sia-sia. Ia berhasil memanen 5,1 ton melon kualitas super atau ukuran ekstra dan 1,5 ton kelas pasar lokal. Sisanya, ia bagikan ke para tetangga.

Dikatakannya, panen melon mengobati kekecewaannya.

"Kavệ sinh tanam giới padi, harus tunggu empat bulan sampai panen. Kavệ sinh melon hanyhùa bulan. Lagipula hasilnya lebih menguntungkan melon," katanya.

Xem thêm: Sò Mosfet Là Gì - Sò Công Suất Là Gì


Ia mengeluarkan modal bercocok taphái nam sekitar Rp40 juta. Hasil penjualan yang didapatkan sekitar Rp60 juta.

"Satu batang tanaman biayanya Rp10 ribu. Untuk melon super Rp10 ribu perkilo. Sedangkan yang kelas B untuk pasar lokal Rp4.500 perkilo," katanya.

Saat panen padomain authority Jumat (9/4) lalu, perusahaan mitranya melakukan penyortiran ukuran, rasa dan kadar air. Hanya yang lolos kriteria yang diangkut ke Ibu Kota.

Dikatakannya, belum banyak petani mengambil kesempachảy mengubah komoditas tanam. Kebanyakan masih menaphái mạnh padi meski risiko gagal panen cukup tinggi. Setelah mengetahui kesuksesan Riman, beberapa petani berniat mengikuti. Bahkan ada yang mulai menanam giới. Lainnya juga mengganti padi dengan bawang merah.


Lebih lanjut dikatakannya, panen bertepatung ramadan menjadi berkah tersendiri. Melon kualitas B yang biasanya dijual di pasar tradisional, dihartua tinggi.

"Sebenarnya tidak sengaja panennya bertepachảy mau Ramadan. Kalau sekarang, permintaan melon mesở hữu tinggi," katanya.

Xem thêm: Làm Thế Nào Khi Máy Tính Không Bắt Được Wifi, Chia Sẻ Cách Sửa Lỗi Laptop Không Bắt Được Wifi

Masih bekerjasama dengan mitra perusahaan di Jakarta, ia akan menaphái nam semangka di musyên ổn selanjutnya. Masa taphái nam sama, yakni 65 hari.


Chuyên mục: Blogs